Rabu, 27 Februari 2013

Layer TCP-IP


TCP/IP mempunyai beberapa layer,layer-layer itu adalah:
·         IP (Internet Protocol) yang berperan dalam pentransmisian paket data dari note ke note. IP mendahului setiap paket data berdasarkan 4 byte (untuk versi IPv4) alamat tujuan (nomor IP).
·         TCP (Transmission Transfer Protocol) berperan dalam memperbaiki pengiriman data yang benar dari suatu klien ke server. Data dapat hilang di tengah-tengah jaringan, TCP dapat mendeteksi error atau data yang hilang dan kemudian melakukan transmisi ulang sampai data diterima dengan benar dan lengkap
·         Sockest merupakan nama yang diberikan kepada subrutin paket yang menyediakan akses ke TCP/IP pada kebanyakan system.

Mengenai Nomor IP
            Setiap perusahaan besar atau perguruan tinggi yang terhubung ke internet harus mempunyai level intermediet network. Beberapa router mungkin di konfigurasikan untuk berhubungan dengan beberapa koneksi tunggal ke jaringan internet provider regional.
Jadi, pemakaian akhir dapat menginstall TCP/IP pada PC tanpa harus tahu jaringan regional. Tiga bagian informasi dibutuhkan:
a.       IP address dibuat pada PC.
b.      Bagian dari IP address (subnet mask) yang membedakan mesin lain dalam LAN yang sama (pesan dapat dikirim secara langsung) dengan mesin-mesin di departemen lain atau dimanapun di seluruh dunia (yang dikirimkan ke router mesin).
c.       IP address dari router mesin yang menghubungkan LAN tersebut dengan dunia luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar